You are here

14 June, 2015 - 11:15

Semarang bisa jadi destinasi akhir tahun atau liburan panjang kali ini. Tak jauh dari pusat kotanya, ada tempat wisata baru yang menyajikan panorama alam menawan. Ini dia Waduk Jatibarang!

Waduk yang terletak di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati itu tepat berada di kawasan wisata yang sebelumnya sudah ada yaitu Goa Kreo. Jika datang ke sini, pengunjung disuguhi dua wisata sekaligus, yaitu menikmati keindahan alam dan bermain dengan kera ekor panjang.

Pada liburan kali ini, pengunjung sangat banyak karena tiket masuk memang murah, hanya sekitar Rp 4.000 saja. Penjual makanan berupa kios ataupun lapak sudah berjajar dan siap melayani wisatawan yang ingin makan sambil melihat eloknya bentangan waduk yang mampu menampung total air sebanyak 20,4 juta m3 itu.

Di tempat parkir mobil, pengunjung sudah bisa melihat kera-kera yang bergelantungan di pohon atau pagar. Mereka semua jinak dan tidak merebut barang-barang dari pengunjung. Oleh sebab itu pengunjung pun senang memberi makan mereka dengan kacang.

Puas bermain dengan kera, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menuruni 108 anak tangga menuju jembatan yang berada di atas waduk Jatibarang dan menghubungkan gerbang masuk menuju Goa Kreo. Titik inilah yang menjadi favorit pengunjung karena bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan waduk atau bersebelahan dengan beberapa patung kera di sana.

Bedungan panoramik yang menyuguhkan pemandangan indah itu diresmikan bulan Mei 2014 lalu oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bangunan waduk itu memiliki tinggi 74 meter, panjang puncak 200 meter, dan lebar puncak 10 meter. Dana yang dihabiskan untuk membangun waduk Jatibarang dan bangunan perlengkapannya mencapai Rp 655 miliar bantuan dari JICA, Jepang.

Perpaduan antara wisata goa Kreo dan waduk Jatibarang menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Tapi ingat, jika berkunjung saat liburan kali ini jangan lupa membawa payung karena Kota Semarang kerap diguyur hujan saat siang hari.

Source: travel.detik.com