You are here

21 March, 2015 - 07:37

Hari ini seluruh umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi. Hari Raya Nyepi jatuh dalam periode waktu satu tahun sekali tepatnya pada tahun baru saka. Pada saat ini matahari menuju garis lintang utara, saat Uttarayana yang disebut juga Devayana yakni waktu yang baik untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.

Apa saja sih rangkaian upacara pada perayaan hari raya Nyepi? Diawali dengan upacara Melasti, atau disebut juga melis atau mekiyis yang bertujuan untuk melebur segala macam kekotoran pikiran, perkataan dan perbuatan, serta memperoleh air suci (angemet tirta amerta) untuk kehidupan yang pelaksanaannya dapat dilakukan di laut, danau, dan pada sumber/ mata air yang disucikan.

Kemudan dilanjutkan dengan upacara Twur. Upacara tawur bertujuan untuk menyucikan dan mengembalikan keseimbangan bhuwana agung dan bhuwana alit baik sekala maupun niskala. Upacara ini dilakukan pada sandikala (pagi, tengah hari, sore).

Kemudian Hari raya Nyepi. Sesuai dengan hakekat hari raya Nyepi maka umat Hindu wajib melaksanakan catur brata nyepi. Umat Hindu menjalankan yang disebut tapa, yoga, dan semedi.

Dan diakhiri dengan Ngembak Geni. Hari Ngembak Geni jatuh sehari setelah Hari Raya Nyepi sebagai hari berakhirnya brata Nyepi. Hari ini dapat dipergunakan melaksanakan dharma santi baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Seluruh manajemen Oleh-Ole Djoe mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1937, bagi Umat Hindu di seluruh Indonesia.