You are here

31 October, 2016 - 15:38

Sebagai kota pantai dengan udara yang hangat, tentu sangat wajar jika banyak yang menawarkan aneka es di Semarang. Kesegaran es bisa membuat cuaca yang gerah terasa nyaman kembali. Tawaran aneka es bisa ditemukan dari warung kaki lima, maupun di rumah makan mewah.

Dengan banyaknya menu es yang ditawarkan, muncullah berbagai variasi es, yang seiring berjalannya waktu kemudian menjadi menu khas Semarang. Berikut ini beberapa menu es khas Semarang yang tentu selalu siap menyegarkan hari Anda.

Es Puter Conglik
Es puter khas Semarang yang konon sudah buka sejak tahun 1944 ini telah melegenda. Sejarah Cong Lik berawal dari es puter yang dijajakan keliling oleh pemuda belasan tahun. Karena masih kecil maka orang-orang menyebutnya Cong Lik, artinya Kacong Cilik atau Pembantu Kecil.

Seiring berjalannya waktu, es puter conglik akhirnya menetap dan membuka kedai sendiri. Awalnya es ini hanya menyajikan satu rasa saja, yakni rasa santan kelapa. Namun, kemudian muncul berbagai variasi, kini es puter Cong Lik telah bermetamorfosis menjadi sajian dengan beraneka ragam rasa, meskipun demikian es puter Cong Lik tetap mempertahankan cita rasa tradisonal es puter.

Untuk menyantap menu es puter conglik memang tidak banyak tempat di Semarang yang menawarkan. Dua tempat tujuan para penggemar es puter conglik adalah di Jalan Ahmad Dahlan dan di kawasan Pecinan.

Es Marem
Sesuai dengan namanya, marem yang berarti puas, memang akan memuaskan siapa saja yang menyantapnya. Es marem isinya berupa perpaduan dari serutan kelapa muda, nangka, kolang-kaling, dawet bening, cincau hitam, roti yang udah ditapekan, dan kacang. Untuk kuahnya, kita bisa memilih kuah santan atau kuah jeruk, tentu tergantung selera, namun keduanya sama-sama enaknya.

Pilihan variasi yang ditawarkan di es marem cukup banyak. Ada Es Kombinasi Santan, Es Kombinasi Jeruk, Es Jeruk Selasih, Es Kolak, Es Teler, dan Es Kelapa Muda. Yang menjadi favorit tentunya kombinasi jeruk dan kombinasi santan. Biasanya es marem ditawarkan di kaki lima menggunakan gerobak yang berisi aneka macam bahan yang tampak segar menggoda.

Es yang awalnya banyak ditawarkan di daerah Kranggan ini, kemudian banyak dijumpai di berbagai penjuru Kota Semarang. Seperti di daerah Kampung Kali, di Jalan Menteri Supeno, Jalan Sriwijaya, daerah Ngaliyan, Tlogosari, dan berbagai tempat lainnya. Jadi mari segarkan hari kita dengan es marem.

Es Rumpi dan Miecool
Selain dua menu utama es khas Semarang tersebut, beberapa es lain yang muncul dari kreativitas para pedagang adalah Es Rumpi dan Es MieCool. Es Rumpi merupakan variasi dari es campur dengan isi didalamnya banyak pilihan. Berbagai menu es rumpi yang awalnya di tawarkan malam hari di depan bengkel dekat Banjir Kanal Barat ini kini semakin banyak diminati dan telah membuka cabang di belakang Lawang Sewu.

Es MieCool juga merupakan kreasi pedang Semarang yang berawal dari daerah Semawis. Es asli Semarang ini kini banyak ditawarkan diberbagai tempat baik di Semarang maupun di luar kota. Uniknya, es miecool disantap dengan menggunakan sumpit, seperti kita menyantap menu mi lainnya, namun bahannya dari jelly.

http://tabloidsimpang5.com/segar-dan-menggoda-aneka-es-khas-semarang/