You are here

12 February, 2016 - 15:20
bandeng serani asli semarang

Bagi pencinta kuliner pasti sudah tak asing lagi dengan makanan khas Semarang yang sudah terkenal ini. Rasanya tuh enak banget dan bikin siapapun yang mencicipinya dijamin bakalan ketagihan dan langsung nambah lagi dan lagi. Kombinasi rasa bumbu rempahnya yang sangat berasa dan ditambah lagi dengan gurihnya rasa ikan bandeng sungguh patut untuk diacungi jempol.

Tak heran kan jika kuliner khas Semarang ini selalu membuat penggemarnya selalu terbayang-bayang akan rasa lezat nan nikmat yang sepertinya tidak cukup kalau hanya diacungi 2 jempol saja. Akan tetapi buat Anda yang gak bisa ngerasain langsung kelezatannya di kota Semarang, tenang saja,,,. Karena saya punya resep rahasia bikin bandeng serani Semarang yang mantap abiss,,,

Cara membuatnya sangat mudah kok, tidak membutuhkan waktu yang banyak dan juga bahan yang dibutuhkan termasuk gampang banget dijumpai. Jadi tidak ada alasan lagi buat Anda untuk tidak mencoba resep ini didapur rumah Anda. Jika Anda mencoba resep ini dan menghidangkannya dimeja makan hmm,,, pasti akan dapat dipastikan kalau semua anggota keluarga akan senang menikmatinya. Mari kita telusuri resep di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

300 gram ikan bandeng
3 sendok teh minyak goreng
700 ml air
3 siung bawang putih
7 buah cabai
3 buag blimbing wuluh
1 buah tomat besar
1 batang serai
3 lembar daun salam
1 ruas jari
1 iris kunir
1 ruas jari
2 biji asem
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara Membuat Bandeng Serani Semarang:

1. Cuci bersih bandeng yang sudah dihilangkan bagian dalam perut dan kemudian potong menurut selera Anda. Setelah dicuci bersih, beri perasan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit.
2. Sambil menunggu ikan bandeng di rendam dalam air jeruk nipis, sebaiknya Anda persiapkan bumbu-bumbunya. Pertama-tama cuci bersih semua bumbunya dan iris tipis bumbunya.
3. Selanjutnya panaskan minyak, dan tumis bumbu yang sudah diiris seperti bawang putih, dan juga kunir setelah bumbu wangi tambahkan bumbu lainnya. Untuk tomat dan juga blimbing wuluh jangan dimasukkan dahulu.
4. Setelah bumbu yang ditumis telah layu maka masukkan air dan tunggu sampai mendidih.
5. Langkah berikutnya masukkan ikan bandeng, blimbing wuluh, dan juga tomat. Biarkan hingga benar-benar matang dan jangan lupa untuk memberi garam dan gula sesuai selera. Dan jika memang dibutuhkan boleh menambahkan penyedap rasa secukupnya.
6. Terakhir, cicipi rasanya dan pastikan semuanya pas dan bandeng serani Semarang pun siap untuk disajikan.

Tuh,, kan mudah banget cara membuatnya. Tidak memerlukan waktu yang banyak kok saat pengolahannya hanya sekitar 30 menit saja Anda bisa menghidangkan menu lezat ini dimeja makan Anda. Dan untuk hasilnya pun juga lumayan kira-kira bisa menghasilkan untuk 3 porsi bandeng serani Semarang yang mantap.

Jadikan suasana makan Anda hari ini terasa berbeda dari hari biasanya dengan menyajikan sajian lezat bandeng serani Semarang. Semoga resep yang saya berikan kali ini dapat menambah wawasan Anda dalam hal memasak dan semoga Anda menyukainya. Selamat mencoba.

http://www.kulinersehat.com/resep-bandeng-serani-semarang/