You are here

6 October, 2015 - 13:57

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-70 TNI akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, kata Gatot, TNI akan menyajikan aksi demonstrasi pertempuran udara dan laut di Dermaga Indah Kiat, Cilegon.

"Belum pernah sepanjang TNI lahir sampai sekarang melakukan demonstrasi pertempuran udara dan laut di satu tempat," ujar Gatot di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (4/10/2015).

Gatot mengatakan, sebelumnya dia menugaskan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ade Supandi untuk mencari lokasi yang aman untuk melakukan demonstrasi tersebut.

Mulanya, ada dua opsi, yaitu Dermaga Indah Kiat, Cilegon dan Teluk Tobing di Sulawesi Tengah. Namun, karena beberapa pertimbangan, diputuskan di lokasi yang sekarang.

"Kalau kita lakukan di Teluk Tobing, repot sekali. Penontonnya jadi banyak, jadi kita lakukan di Dermaga Indah Kiat. Setelah itu sampaikan ke Pemerintah," kata dia.

Ada pun tema peringatan HUT ke-70 TNI tahun 2015 ini adalah "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian."

Dalam gladi resik, sejumlah atraksi diperagakan pasukan, mulai dari baris berbaris, mobilisasi alat utama sistem persenjataan, atraksi terjun payung hingga bela diri. Dermaga yang biasa digunakan untuk bongkar muat barang komersial tersebut disulap menjadi arena upacara raksasa.

Panggung sepanjang sekitar 100x50 meter didominasi warna merah putih dibangun menghadap laut. Sejumlah mobil pelontar rudal dan tank diparkir berderet di anjungan dermaga yang berada persis menghadap panggung.

Pasukan yang terlibat dalam parade upacara tersebut terdiri gabungan dari tiga matra, yakni darat, udara dan laut dengan jumlah 6.349 personel. Masing-masing matra mengeluarkan alat utama sistem persenjataan masing-masing. Misalnya, TNI AD dengan 6 unit Tank Scorpion, 4 Panser Tarantula dan 1 unit Radar Giraffe ; TNI AL dengan 3 Roket RM 70 Grad dan 3 unit Tank LVT 7 ; TNI AU dengan 2 unit Smart Hunter, Drone dan Rudal QW3

Source: http://nasional.kompas.com/read/2015/10/04/14105721/Peringatan.HUT.ke-70...

Tags: Hut tni