You are here

4 May, 2015 - 13:02

Tahukah Anda manfaat ikan bandeng bagi kesehatan, karena kandungan nutrisinya yang luar biasa?

Bandeng adalah jenis ikan air payau yang banyak dibudidayakan di Asia tenggara, dan sudah sangat populer sebagai masakan bergizi untuk keluarga Indonesia. Rasanya yang gurih, dan bisa dimasak enak untuk berbagai macam jenis sajian kuliner.

Banyak yang mengatakan jika gizi ikan bandeng tidak kalah dengan ikan salmon yang fenomenal dalam hal kesehatan dan gengsi tersebut. Benarkah?… Ketahui lebih banyak tentang ikan bandeng dan kandungan gizinya. Bandeng juga mengandung tinggi mineral, vitamin, dan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan, sama halnya dengan salmon atau jenis ikan lain.

Ikan bandeng juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan, bahkan kecerdasan otak anak. Ikan yang juga disebut dengan “Milkfish” ini lebih disukai karena tidak terlalu amis, lezat, tidak asin seperti ikan lainnya, dan tidak mudah rusak saat dimasak. Kelemahan utama dari ikan bandeng adalah durinya yang sangat banyak. Tapi kini tidak perlu khawatir, karena bandeng dapat dimasak dengan teknologi presto yang membuat duri-durinya menjadi lunak.

Kandungan nutrisi dan manfaat ikan bandeng bagi kesehatan

Bandeng merupakan sumber protein hewani yang tinggi, menyediakan vitamin B kompleks, dan selenium, tetapi juga banyak mengandung lemak, lemak jenuh, kolesterol dan kalori. Berikut ringkasan kandungan gizinya :

Makronutrisi

Ikan bandeng sebanyak 3 ons yang dimasak dengan panas kering mengandung 162 kalori, 22,4 g protein, 7,3 g lemak, 2,9 g lemak jenuh, 78 mg sodium, dan 57 mg kolesterol. Protein adalah kandungan makronutrisi tertinggi, yaitu sekitar 55 persen dari kalori dan lemak 45 persen.

Kandungan vitamin

Porsi yang sama, bandeng menyediakan 116% vitamin B, yaitu 12, 44% niacin , 24% vitamin B6, dan 15 persen asam pantotenat. Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine merekomendasikan untuk orang dewasa untuk seri ng mengkonsumsinya. Keempat vitamin jenis vitamin yang disebutkan diatas adalah dari anggota vitamin B kompleks, yaitu jenis vitamin larut dalam air, yang berperan penting untuk metabolisme, fungsi sistem saraf pusat, kesehatan kulit, dan DNA, hormon dan pembentukan sel darah merah. Bandeng juga mengandung jejak riboflavin, asam folat, dan vitamin A. Namun ikan bandeng ini tidak banyak mengandung vitamin C, D, E, dan vitamin K.

Kandungan mineral

3 ons jumlah sajian ikan bandeng menawarkan sebesar 25% fosfor dan selenium, yang harus dikondsumsi oleh orang dewasa setiap hari. Fosfor adalah mineral penting yang menjadi bagian integral dari oksigenasi sel darah merah, sementara itu selenium sangat penting untuk kelenjar tiroid dan fungsi kekebalan tubuh. Bandeng juga mengandung jejak mineral penting lain yaitu kalsium, zat besi, kalium dan seng.

Kandungan Asam Lemak Omega-3

Kandungan lemak dalam ikan bandeng, 60%nya adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, termasuk asam lemak omega-3, yang terkait dengan penurunan kadar trigliserida darah, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan gejala atrithis.

Source: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/kandungan-nutrisi-manfaat-ikan...