You are here

26 October, 2014 - 10:52
loenpia semarang djoe

SEMARANG - Tiga kebudayaan Indonesia akan mendapat pengakuan dunia tahun 2014 ini. Warisan budaya asli Indonesia yang mendapat pengakuan dunia yakni Gamelan, Sekaten dan Loenpia. Dengan pengakuan dunia internasional maka warisan budaya asli Indonesia tersebut tidak bisa diklaim oleh negara luar.

Sebelumnya, juga tiga warisan kebudayaan asli Indonesia yang telah lebih dulu mendapat pengakuan dunia yaitu batik, keris dan wayang. "Yang sudah dicatatkan sebagai warisan budaya dunia tahun lalu adalah batik, keris, dan wayang. Tahun ini kita mendapat pengakuan warisan budaya asli Indonesia lagi yakni gamelan, sekaten, dan lumpia. Sebenarnya ada satu lagi yakni sintren, tetapi untuk sintren masih dikaji ulang mudah-mudahan untuk 2015 kita bisa mengusulkan lebih banyak lagi," ujar Seksi Nilai Budaya Bidang Nilai Budaya Seni dan Film, Eny Haryanti saat ditemui Tribun Jateng, Rabu (22/10).

Secara teknis, pengusulan itu melewati beberapa proses. Pertama dari pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terkait bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya di Jogja (membawahi tiga kawasan di Jawa yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur). Selanjutnya usulan dikaji ke Subdit Kekayaan Budaya Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kemudian dilanjutkan ke UNESCO untuk mendapat pengakuan. Eny berharap selain untuk melestarikan budaya, tembang dolanan juga akan diusulkan menjadi warisan budaya dunia non benda.
(source: tribunjateng.com)

Makin bangga gak sih sama kota Semarang, ya kan? Nah, Pusat Oleh-Oleh Djoe sendiri juga selalu ikut serta menyajikan Loenpia terbaik sebagai oleh-oleh khas dari Kota Semarang. Gak ada salahnya deh mampir di Pusat Oleh-Oleh Djoe di Jl. Pandanaran 51, kamu bisa dapetin juga aneka oleh-oleh khas lainnya dari Semarang dan Jawa Tengah.